DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Hidup Sehat Untuk Memulai Tahun 2017

Hidup Sehat Untuk Memulai Tahun 2017

Hidup Sehat Untuk Memulai Tahun 2017

new-year-new-start

Kini saatnya Anda membuat resolusi baru kembali. Jika sebelumnya Anda telah membuat resolusi pada tahun lalu, ini saatnya Anda membuat resolusi sehat yang baru di 2017. Anda bisa memulai dengan membuat list apa saja yang Anda akan lakukan di 2017 untuk pola hidup sehat.

Pada dasarnya, pola hidup sehat hanya bisa Anda dapatkan dengan tekad yang kuat. Karena jika Anda masih setengah hati melakukannya, Anda hanya akan membuat resolusi Anda sia-sia. Makanya, untuk resolusi sehat, Anda bisa memulai dari berbagai hal kecil terlebih dahulu.

Berikut 4 Tips hidup sehat untuk memulai tahun 2017.

  1. Miliki rencana asupan gizi Anda

Memberikan makanan yang sehat dan tepat membantu tubuh kita untuk bekerja maksimal. Buah-buahan dan sayuran tergolong sebagai miracle foods karena mengandung vitamin dan mineral yang mendukung sistem pencernaan tubuh. Selain buah-buahan dan sayuran, tentu saja Anda membutuhkan asupan nutrisi lain seperti protein yang cukup sebagai energi. Sumber protein yang baik contohnya daging rendah lemak, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Tentukan tujuan Anda

Sebuah tujuan adalah mimpi yang memiliki batas waktu. Dengan menetukan tujuan dengan batas waktu yang jelas, maka Anda memiliki arah perjalanan serta pegangan untuk melangkah ke depan. Selain itu akan ada kepuasan saat berhasil mencapai tujuan Anda. Tujuan Anda bisa beragam mulai dari mengurangi beberapa kg berat badan sampai membeli 1 unit mobil. Tulis tujuan dan batas waktu dalam mencapai tujuan tersebut dapat membantu Anda untuk lebih terpacu menyelesaikan. Ayo mencoba, tidak ada salahnya kan?

  1. Perbaiki pola tidur Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa kita memerlukan sekitar 8 jam dalam sehari untuk beristirahat. Banyak faktor yang dapat mengganggu waktu istirahat, seperti tempat tidur yang kurang nyaman atau gangguan seperti telepon genggam dan buku-buku di dekat tempat tidur yang seringkali menyita waktu.

  1. Berkomitmen untuk olah raga

Selain aktifitas rutin seperti bekerja, alangkah baiknya jika Anda memiliki waktu khusus untuk berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga beermanfaat untuk mendorong sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Alasan utama yang menghalangi berolahraga seringkali karena kurangnya komitmen.

Sumber : http://www.lifestyle.com.au