DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Sosialisasi PERMENKES NO.70 Tahun 2016

Sosialisasi PERMENKES NO.70 Tahun 2016

 1eaa18cb-f5ec-478a-a82f-1577fb156199

Jakarta- Kamis (16/2) Kementerian Kesehatan mensosialiasikan Permenkes No. 70 Tahun 2016 Tentang Standar Persyaratan Kesehatan Kerja di Lingkungan Kerja Industri sudah bisa di Download.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga drg. Kartini Rustandi ,MKes

img-20170216-wa0007

Sosilaisasi ini dibukan oleh Direktur Jenderal Kesehatan masyarakat dr. Anung Sugihantono, M.Kes. Pada kesempatannya Dirjen Kesmas menuturkan “ Peran Kementerian Kesehatan khususnya Menteri kesehatan sudah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) tentang penyakit akibat kerja, dan hal-hal yang kaitannya dengan kecelakaan kerja. Kesehatan dan keselamatan kerja, sekaliguas standar yang harus kita penuhi di lingkungan kerja ada hubungannya dengan penyakit akibat kerja, yang didalam konsep pembiayaan secara nasional, sudah menjadi satu kesatuan didalam BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS Kesehatan yang beda tipis tempatnya.yang ingin dikedepankan didalam tatanan ini sebenarnya bukan didalam konsep penyelesaian persoalan-persoalannya, tapi justru dalam konsep bagaimana kita mencegah semua persoalan itu tidak terjadi dilingkungan kerja kita. Lingkungan kerja yang secara makro baik itu perusahaan besar, perkantoran atau industri kecil maupun sektor mikro di level internal.

Peraturan Menteri Kesehatan ini bukan berdiri sendiri, dalam arti kita juga perlu mencermati, melihat, sekaligus melakukan penyesuaian didalam berbagai sistem kesehatan dan keselamatan kerja secara utuh. Ini penting, mengingat aspek-aspek lingkungan kerja dan aspek lingkungan kersa dan produktifitas kerja dari para pekerja itu sendiri. Hal yang mendasar seperti inilah yang perlu kita sosialisasikan didalam tatanan operasional saat ini. Hala hal yang mendasar inilah yang diharapkan dapat diketahui baik oleh para pekerja atau pemilik perusahaan.”

 

Setelah pembukaan acara oleh Dirjen Kesmas, acara dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber dan dilanjutkan dengan dialog.

455333f3-f38e-44c9-b257-7e8cb605c702Pada Kesempatan ini Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaaan Masyarakat berkontribusi pada stand pameran dengan mengangkat tema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Para peserta rapat di sela sala waktu kosong banyak yang mengunjungi pameran dan banyak juga yang penasaran terkait GERMAS. kami Dit Promkes menyediakan materi-materi tentang GERMAS dalam bentuk leaflet-leaflet, dan marchandise lainnya. tampak Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga pun mengunjungi stand pameran.