DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Awas! Overdosis Vitamin C

Awas! Overdosis Vitamin C

Di tengah cuaca yang sering berubah-ubah, vitamin C diyakini dapat meningkatkan sistem imun. Vitamin larut air ini memang digunakan sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan.Selain itu, antioksidan di dalamnya dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara. Dan konsumsi dalam dosis tepat, dapat membuta kulit nampak lebih segar dan terlihat lebih menawan.

Namun, bukan berarti tidak ada batas maksimal bagi tubuh menyerap asupan vitamin C. Mengkonsumsi vitamin C secara berlebih akan berbahaya bagi tubuh, dan tidak jarang mendatangkan penyakit. Menurut praktisi nutrisi, batas maksimum konsumsi vitamin C untuk orang dewasa setiap harinya tidak boleh melebihi 2000 mg.

Hanya saja, dipengaruhi oleh tingkatan usia dan gaya hidup masing-masing, kebutuhan vitamin C setiap orang bisa saja berbeda-beda. Dalam hal ini praktisi gizi menyepakati bahwa dosis harian yang disarankan adalah 45 miligram per hari. Sedangkan batas dosis yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh sampai dengan 2000 miligram per hari.

Gangguan Kesehatan Akibat Konsumsi Vitamin C Berlebihan

  1. Risiko Diare dan Muntah-muntah

Tergolongzat yang mudah larut, sisa pencernaan vitamin C yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dilarutkan melalui air seni. Sisa pencernaan vitamin C berlebih yang disalurkan melewati usus untuk dibuang justru menimbulkan permasalahan pada pencernaan

  1. Penyakit Batu Ginjal

Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan akan meningkatkan oksalat dalam uri. Hal tersebut dapat menghasilkan batu ginjal kalsium oksalat.

  1. Risiko Diabetes

memiliki efek kadar gula dalam darah, konsumsi vitamin C berlebih berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Bagi Anda yang sudah terjangkiti diabetes sebaiknya perlu memerhatikan asupan suplemen vitamin C Anda.

  1. Gangguan pada Proses Pengobatan Kanker

Vitamin C diketahui sebagai salah satu pencegah tumbuhnya kanker. Namun ternyata jika vitamin C mengalami kelebihan, vitamin C dapat menjadi penghambat dari proses penyembuhan penyakit kanker.

  1. Gangguan pada Kulit

Pemberian vitamin C secara langsung pada kulit akan memicu timbulnya alergi, ruam dan iritasi pada kulit jika tidak tepat dosis.

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami dosis tepat vitamin C yang sesuai kebutuhan agar  Vitamin C mampu memberikan fungsi maksimal pada tubuh.Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C.