DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

TAHUKAH? SELAIN JADI OPOR AYAM YANG LEZAT, KUNYIT DAPAT MENGOBATI DAN MEMPERCANTIK DIRI, LHO!

TAHUKAH? SELAIN JADI OPOR AYAM YANG LEZAT, KUNYIT DAPAT MENGOBATI DAN MEMPERCANTIK DIRI, LHO!

Anda pasti sudah tak asing lagi mendengar ‘kunyit’. Rempah asli Indonesia ini sering kita jumpai sebagai bumbu masakan, olahan kunyit dapat dinikmati menjadi makanan tradisional yang enak seperti opor ayam, nasi kuning, jamu dan nasi tumpeng.

Namun bagaimana dengan kunyit putih? Tentu jenis ini sedikit asing di telinga Anda. Kunyit yang sering Anda jumpai sebagai bumbu masakan adalah jenis kunyit kuning atau jingga. Berbada dengan jenis kunyit tersebut, kunyit putih jarang diolah sebagai bumbu masakan, dan cenderung sedikit susah untuk ditemukan, lho.

Memiliki nama latin Zedoary (Curcuma Zedoaria). Alih-alih digunakan sebagai bumbu masak, kunyit putih merupakan jenis tanaman yang akar, minyak dan daunnya digunakan untuk membuat obat.

Berikut beberapa khasiat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan.

  1. Berguna sebagai pencegahan primer maupun terapi herbal penyakit kanker

Sejumlah dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) pernah meneliti khasiat kunyit putih bagi pengobatan penyakit kanker. Ekstrak kunyit putih yang kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dikonsumsi sesuai dosis yang telah disesuaikan dengan diagnosa kanker yang diderita.

Untuk dapat digunakan sebagi terapi pengobatan penyakit kanker, tak sembarang tanaman kunyit putih dapat digunakan sebagai obat. Saat masih dalam tahap penanaman, tanaman kunyit putih haruslah bebas dari peptisida, selain itu saat diolah menjadi kapsul haruslah bebas dari bahan pengawet dan monosodium glutamat.

  1. Mengobati penyakit mag

Sedikitnya ada sembilan kandungan dalam kunyit putih yang berkhasiat untuk mengobati penyakit. Dalam kasus pengobatan penyakit mag, bagian akar dari kunyit putih dipercaya mampu mengurangi jumlah keasaman lambung.

  1. Berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur

Selain dapat mengurangi kadar keasaman dalam lambung, kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah mikroba dalam mulut. Selain itu ekstrak kunyit putih juga dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

  1. Berkhasiat bagi kecantikan dan kesuburan wanita

Bagi wanita, kandungan nutrisi dan vitamin serta pati pada serbuk alami kunyit putih dapat digunakan sebagai masker untuk membantu Anda memiliki wajah nampak lebih segar dan cerah. Selain itu, dapat pula digunakan untuk mengobati keluhan wanita, seperti keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan memperlancar haid.

Namun, perlu dicatat kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat mengiritasi kulit.Bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran.

Selain dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan pada keluhan dan penyakit di atas, kunyit putih juga dipercaya berkhasiat untuk mengatasi gejala pernapasan seperti asma dan arthritis, serta digunakan untuk penawar racun bisa ular, menangkal radikal bebas, analgesik untuk meredakan nyeri, anti peradangan, dan lain sebagainya.

Kunyit putih memang dipercaya dapat menjadi alternatif untuk mengobati keluhan-keluhan kesehatan. Selain itu, penggunaan kunyit putih dalam beberapa kasus gangguan kesehatan terbukti berhasil. Namun, ada baiknya jika memiliki keluhan terkait kondisi kesehatan, Anda dapat terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter, pun segala informasi kesehatan yang Anda terima.