DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

SELAMAT HARI HEPATITIS SEDUNIA! SAYANGI HATIMU, KENALI DAN ANTISIPASI HEPATITIS

SELAMAT HARI HEPATITIS SEDUNIA! SAYANGI HATIMU, KENALI DAN ANTISIPASI HEPATITIS

Hari Hepatitis Sedunia (Worlds Hepatitis Day) merupakan momen tahunan yang jatuh pada tanggal 28 July untuk memperingati kepedulian warga dunia terkait keprihatinan akan penyakit hepatitis. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengertian warga dunia tentang Hepatitis.

Data WHO menyatakan, virus Hepatitis menginfeksi 400 juta penduduk dunia atau 10 kali lebih banyak dari orang yang terinfeksi HIV.

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis adalah jenis inflamasi atau peradangan pada hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Dalam dunia medis dikenal ada lima jenis hepatitis, yakni A, B, C, D, dan E. Kelima jenis hepatitis tersebut menjadi perhatian dunia medis karena potensi wabah dan penyebaran epidemi virus penyebab hepatitis sangat berbahaya dan seringkali berujung pada kematian, khususnya tipe B dan C yang dianggap paling berbahaya dibandingkan tiga tipe lainnya.

Bagaimana virus Hepatitis menginfeksi hati?

Penyebab viral wabah hepatitis dapat melalui berbagai cara. Penyakit Hepatitis tipe A dan E biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan air yang telah terkontaminasi sebelumnya. Sedangkan untuk tipe B, C, dan D tersebar melalui kontak parenteral dengan cairan tubuh yang telah terinfeksi seperti prosedur medis yang menggunakan media yang telah terkontaminasi sebelumnya, transfusi darah, dan kontak seksual.

Selain lewat asupan makanan, minuman dan kontak cairan tubuh, Zat kimiawi yang masuk ke dalam tubuh kita dan diserapoleh hatijuga dapat menjadi penyebab munculnya peradangan pada hati. Misalnya, saja alkohol. Kemudian rokok juga menyebabkan kerusakan itis pada sel hati.

Setidaknya sudah dua milyar penduduk dunia terinfeksi virus Hepatitis, tidak sedikit di antaranya terjangkit Hepatitis tipe B dan berujung pada kematian.

Oleh karenanya, lewat peringatan Hari Hepatitis Dunia, dunia medis menjadikan keprihatinan akan virus Hepatitis sebagai agenda global (Global Public Health Concern). Pada kesempatan ini, Hari Hepatitis Dunia mencoba untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat agar semakin sadar pentingnyamencegah penyebaran virus ini. Dimulai dari gaya hidup sehat, pola konsumsi yang baik, tidak tidur terlalu malam hingga melakukan pencegahan dengan melakukan vaksin.