DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

SIAPA SANGKA, ‘HUJAN-HUJANAN’ BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

SIAPA SANGKA, ‘HUJAN-HUJANAN’ BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

Memasuki bulan Oktober, curah hujan yang turun biasanya meningkat. Di bulan-bulan inilah kita sering diingatkan untuk menjaga kesehatan, jangan sampai ‘hujan-hujanan’.

Hujan memang identik dengan sakit flu atau demam, apalagi jika hujan sampai menyebabkan banjir. Anggapan bahwa hujan juga membawa mudarat ketimbang manfaat khususnya di kota-kota besar dengan segala macam aktivitasnya, agaknya tidak dimungkiri lagi.

Namun demikian tak sedikit pula yang menganggap hujan sebagai berkah semesta. Alih-alih mendatangkan mudarat, hujan sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarang orang ketahui. Berikut ini sedikitnya tiga manfaat hujan bagi kesehatan.

  1. Meluruhkan kandungan racun akibat polusi udara

Air hujan memiliki fungsi untuk membersihkan udara, lho. Setelah hujan pertama turun, polusi yang disebabkan oleh asap dan debu diluruhkan oleh hujan yang turun, sehingga udara akan terasa lebih bersih dan segar.

  1. Baik untuk kesehatan kulit, pencernaan dan Ph darah

Mengingat air hujan merupakan air murni yang jatuh dari langit tanpa kontaminasi minera, dan melewati beberapa tahapan alami dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa riset membuktikan bahwa kandungan alkali cair langsung dari alam bermanfaat untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan pencernaan. Sebuah studi pernah bilang bahwa air hujan bisa dikonsumsi. Itu memang bisa saja dilakukan jika dikumpulkan dalam wadah bersih. Apalagi air hujan adalah air yang langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan kotor.

Selain itu, Air alkali juga menyeimbangkan pH darah kita dan bisa mengurangi kadar asam dalam tubuh.

  1. Baik untuk relaksasi dan mengurangi stres

Aroma hujan punya efek khas yang membuat siapa saja menjadi lebih tenang dan rileks. Aroma khas hujan disebut Petrichor, berasal dari kata Petra yang berarti batu dan Ichor yang diartikan sebagai cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa dalam mitologi Yunani. Petrichor adalah suatu zat atau senyawa yang dikeluarkan oleh bebatuan, tanah, uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, dan bakteri. Kadang disebutkan sebagai “dust after rain“.

Tidak hanya itu, Air hujan yang mengalir dari atas kepala hingga ke seluruh tubuh secara alami bisa membuat pikiran makin nyaman dan tubuh menjadi lebih rileks.

Nah, itulah sedikitnya tiga manfaat hujan bagi kesehatan kita. Tapi ingat, air hujan yang bagus adalah air hujan di daerah yang tidak mengalami pencemaran atau air hujan yang ada di daerah pegunungan. Jadi, Jadi, jangan takut untuk basah karena hujan ya.