DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA: Stres di Tempat Kerja Menjadi Akar Masalah Kesehatan Lainnya

HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA: Stres di Tempat Kerja Menjadi Akar Masalah Kesehatan Lainnya

Kesehatan Jiwa adalah suatu kondisi sehat, emosional, psikologis, dan sosiologi yang terlihat dari hubungan interpersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif dan kestabilan emosional. Kesehatan jiwa memiliki banyak komponen dan di pengaruhi oleh berbagai faktor (Johnson, 1997).”

Kebutuhan akan pemenuhan kejiwaan yang sehat dapat berasal dari mana saja, tempat kerja misalnya. Pekerjaan menjadi hal yang kerapkali menyita pikiran dan tenaga, dan jika tidak diseimbangkan, bukan tidak mungkin kejiwaan berisiko mengalami stres bahkan hingga berujung pada depresi.

Oleh karena itu, peringatan Hari Kesehatan Dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya mengangkat tema yang berfokus pada ruang kerja, yaitu Kesehatan Jiwa di tempat Kerja (Mental Health in the Workplace).

Di tempat kerja, seseorang rentan terkena stres dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal, seperti; tuntutan deadline, jadwal yang ketat, masalah moneter, penyakit, orang tidak menyenangkan, masalah dengan kehidupan pribadi, dan lainnya.

Hal ini perlu dihindari, sebab, jika tidak stres di tempat kerja bisa saja menjadi akar masalah kesehatan yang serius lainnya. Berikut ini beberapa tips mengatasi stres di tempat kerja.

  1. Pertama, sangat penting untuk belajar bersantai; Anda dapat mengambil setidaknya satu hari sepekan—weekend, untuk benar-benar meninggalkan pekerjaan dan bersantai bersama teman, keluarga, atau hobby Anda.
  2. Mencatat hal-hal apa saja yang membuat Anda tertekan, sehingga Anda bisa menganalisis dan mengatur penyebab stres serta mencari solusinya.
  3. Komunikasikan dengan atasan Anda akan beberapa aspek pekerjaan tertentu yang mempengaruhi kesehatan, dan memicu stres, untuk memeriksa apakah mereka dapat membantu Anda dalam beberapa cara.
  4. Pastikan bahwa pekerjaan menarik dan memang layak bagi Anda, karena seringkali, banyak pekerjaan yang membosankan atau merasa tidak nyaman dapat menggagalkan orang dan menyebabkan stres.
  5. Penting untuk mengetahui batasan Anda di tempat kerja. Pekerjaan memang tidak akan ada habisnya, namun bukan berarti Anda harus mengerjakan semuanya, komunikasikan jobdesc dengan manajer Anda, dan jika Anda merasa bahwa ada jobdesc yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan Anda, Anda harus belajar untuk mengatakan “tidak”.