7 Masalah Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

“Mencuci tangan” sekilas terdengar sedikit remeh, dan seringkali orang melupakan atau malas mencuci tangan. Memang sangat sederhana, namun bukan berarti kegiatan ini boleh dikesampingkan. Meski sederhana, kebiasaan mencuci tangan sangat efektif untuk menangkal berbagai macam gangguan kesehatan.

Dilansir dari boldsky.com, malas mencuci tangan setidaknya akan membawa seseorang ke beberapa risiko penyakit, seperti:

  1. Mudah kena pilek

Salah satu alasan utama rajin mencuci tangan adalah, untuk meminimalkan perpindahan virus dan bakteri melalui tangan kita. Jika jarang cuci tangan, perpindahan virus atau bakteri ini akan memicu mudahnya untuk terkena pilek.

  1. Diare

Selain pilek, masalah kesehatan lain yang melalui proses serupa adalah diare. Gangguan saluran pencernaan salah satunya ialah disebabkan oleh perpindahan virus atau bakteri dari dan melalui tangan kita hingga masuk ke saluran pencernaan oleh makanan yang kita pegang.

  1. Keracunan makanan

Tangan yang terkontaminasi bakteri, kuman, dan virus akan membuatmu keracunan makanan dan kemudian berakhir dengan sakit perut akut, muntah, atau diare.

  1. Hepatitis A

Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus yang sangat menular pada organ hati. Salah satu proses yang memicu hepatitis A ialah virus dan bakteri yang masuk dan menulari tubuh kita jika jarang mencuci tangan.

  1. Terinfeksi bakteri E.coli

E.coli atau Escherichia Coli adalah bakteri yang menyebar dari kotoran satu orang ke orang lain. Tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum akan membuatmu mudah terinfeksi bakteri ini.

  1. Penyakit cairan tubuh

Cairan yang dikeluarkan tubuh mengandung banyak kuman, terutama saat kamu terinfeksi suatu penyakit. Begitu pula dengan tubuh orang lain. Saat kamu jarang cuci tangan, maka akan muncul penyakit yang berkaitan dengan cairan tubuh seperti tipus atau penyakit virus Epstein-barr.

  1. Impetigo

Impetigo adalah infeksi menular yang biasa terjadi pada anak-anak yang jarang cuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan kulit kemerahan yang kemudian berkembang menjadi lecet kecil.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cuci tangan adalah kegiatan yang sangat sederhana, boleh dikatakan sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun, apabila malas, banyak risiko penyakit dan gangguan kesehatan yang tentu akan sangat merugikan kita.

Agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat penularan virus dan bakteri, pastikan untuk lebih rajin mencuci tangan, dan akan lebih baiki jika mencuci tangan dengan sabun.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
8 Faktor Penyebab Menopause Dini