DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Penyalahgunaan Obat Resep, Narkotika Terjangkau di Kalangan Anak Muda

Penyalahgunaan Obat Resep, Narkotika Terjangkau di Kalangan Anak Muda

Penyalahgunaan obat resep tanpa dosis yang tepat dari dokter jamak ditemukan pada pergaulan remaja akhir-akhir ini. Mereka beranggapan obat-obatan resep lebih aman dibandingkan menggunakan narkotika. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan efek yang mirip ketika memakai narkotika. Padahal, penggunaan obat-obatan tersebut untuk tujuan non-medis sama bahayanya dengan menggunakan obat-obatan terlarang.

Obat-obatan jenis ini lebih mudah didapat karena dijual perseorangan atau dari apoteker-apoteker yang nakal. Apotek resmi tak akan menjual obat resep tanpa surat resep dokter. Bahkan, beberapa apoteker sudah merasa mawas apabila ada konsumen yang meminta obat-obatan jenis tertentu dalam jumlah besar, meski disertai dengan resep dokter.

Jenis obat seperti reklona (Riklona Clonazepam) contohnya. Meskipun penggunaan riklona sejatinya diperuntukkan sebagai obat penenang, namun dosis yang disalahgunakan akan mampu menimbulkan efek berbeda bagi tubuh.

Jenis obat lain obat resep yang jamak digunakan di kalangan musisi seperti Valium (Diazepam), salah satu musisi legendaris Kurt Cobain adalah pemakai obat jenis ini. Lagi, obat yang bertujuan untuk menenangkan saraf, dosisnya dinaikkan demi mendapatkan efek yang diinginkan di atas panggung.

Kasus baru yang menghebohkan Indonesia adalah sekelompok remaja overdosis obat resep oplosan jenis PCC dan tramadol. Obat-obatan yang diperuntukkan sebagai pereda nyeri pasca operasi (muscle relaxer) digunakan dengan dosis yang salah dan terkadang dikonsumsi bersama kopi atau alkohol demi mendapatkan efek high. Jenis obat penenang lain seperti Xanax (Alprazolam) jika digunakan dengan dosis berlebih juga akan menimbulkan efek berbahaya seperti disorientasi dan naiknya adrenalin, sehingga pemakai akan merasa seperti jagoan. Jika keadaan hatinya sedang jelek, pemakai obat tersebut tidak akan segan untuk melakukan tindakan agresif yang membahayakan orang lain.

Setelah mengetahui efek penyalahgunaan obat resep, ada baiknya kita mengetahui cara penanggulangan korban overdosis obat :