DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

HARI KESEHATAN NASIONAL KE 53, “SEHAT KELUARGAKU, SEHAT INDONESIAKU”

HARI KESEHATAN NASIONAL KE 53, “SEHAT KELUARGAKU, SEHAT INDONESIAKU”

Dari kejauhan nampak ratusan orang berkumpul untuk lari pagi atau sekadar jalan-jalan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang biasa disebut Car Free Day (CFD) pagi ini (12 November 2017). Namun, ternyata ada yang berbeda di kegiatan CFD kali ini.

Tak hanya dijadikan ajang bagi berkumpulnya masyarakat Jakarta untuk berolahraga, CFD hari ini juga dijadikan lokasi untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 yang mengambil tema ‘Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

img-20171112-wa0018
Acara puncak HKN ke 53 ini diawali dengan kegiatan senam bersama yang dilakukan di sepanjang jalan Sudirman hingga Thamrin pada pukul enam pagi. Kegiatan senam bersama ini kabarnya deselenggarakan juga untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan tajuk “Senam Peregangan dengan Peserta Terbanyak” yang diikuti oleh hampir 10 ribu karyawan Kemenkes dan Masyarakat Umum.

Pada kesempatan peringatan HKN ke 53 yang dipusatkan di kegiatan Hari Bebas Kendaraan kali ini, Kementerian Kesehatan mengingatkan akan pentingnya sosialisai GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) agar menerapkan pola kehidupan yang bersih dan sehat di Masyarakat.

Kesehatan dan pendidikan adalah dua unsur penting bagi kemajuan suatu bangsa. Oleh karenanya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting diterapkan pada pola kehidupan masyarakat Indonesia.

Adapun kegiatan-kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, menganjurkan untuk setidaknya melakukan tiga kegiatan ini secara rutin. Di antaranya adalah, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya, menerapkan pola makan yang sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan setiap enam bulan sekali.

img-20171112-wa0007

Ia mengingatkan bahwa menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit. Melakukan aktivitas fisik bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum untuk berangkat beraktivitas setiap hari. Sedangkan pola makan sehat bisa diawali dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur.

Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan secara rutin, pemerintah sudah mereformasi pelayanan kesehatan pada Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Sehingga, masyarakat bisa lebih mudah memeriksakan kesehatan secara rutin dengan biaya yang lebih terjangkau.

Tak hanya pemerintah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menyatakan komitmennya untuk mendukung agar pelayanan kesehatan pada masyarakat di Indonesia semakin baik.

Tak hanya Menteri Kesehatan, beberapa tokoh negara lainnya juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan lewat video conference yang memang menjadi bagian dari rangkaian acara pagi hari ini. Pada kesempatan kali ini Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) didampingi sang istri ibu Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan tips hidup sehat kepada enam perwakilan Gubernur lewat Video Conference.

“Biasakan olahraga, setidaknya saat hari libur begini, sehat itu dimulai dari kebiasaan berolahraga bukan dimulai dari rumah sakit” ucapnya sambil berkelakar.

Acara yang diselenggarakan di pusat lokasi Car Free Day Jakarta ini tak hanya diisi oleh sambutan, imbauan, dan harapan tokoh negeri tapi juga disediakan berbagai booth dan pameran dari Kementerian Kesehatan. Di sana pengunjung disuguhkan berbagai macam pernak-pernik khusus yang bertemakan kesehatan. Jadi, tak hanya berolahraga, pengunjung juga bisa menambah pengetahuan terkait dunia kesehatan itu sendiri.