DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Kolaborasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kemenkes RI dan PP Muhammadiyah

Kolaborasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kemenkes RI dan PP Muhammadiyah

germas14Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat masyarakat, telah diterbitkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Gerakan ini melibatkan lintas sektor, pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat luas.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menggandeng PP Muhammadiyah untuk bersama-sama mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini. Kader PP Muhammadiyah diharapkan dapat menjadi fasilitator masyarakat untuk melaksanakan gaya hidup sehat. Pelaksanaan Germas melalui salah satu amal usahanya, yaitu rumah sakit, sebagai bagian dari Promosi kesehatan Rumah Sakit (PKRS).
Pada tahun 2017 kerjasama dilakukan di 2 RS pilot project yaitu RS Siti Khodijah Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur dan RSIA Sitti Khadijah I Makassar, Sulawesi Selatan. Tidak hanya melibatkan pegawai, pasien, keluarga pasien, dan pengunjung rumah sakit, kegiatan ini juga belibatkan kader, tokohmasyarakat, dan masyarakat 6 desa/kelurahan binaan di sekitar wilayah kerja rumah sakit.
Kegiatan dilakukan adalah orientasi kader PP Muhammadiyah, pembuatan media informasi tentang Germas, dan penggerakan masyarakat. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam Germas diantaranya melakukan gerakan senam bersama, lomba cipta menu sehat, lomba memasak makanan sehat, lomba gerak tari hand hygiene, bazar buah dan sayur, pemeriksaan kesehatan, serta konsultasi gizi. Sebagai tindak lanjut, Direktur RS, Dinas Kesehatan dan Puskesmas pun sepakat untuk merencanakan dan melaksanakan tindak lanjut kegiatan Germas bersama kelompok masyarkat di rumah sakit maupun daerah binaan. PP Muhammadiyah juga berharap agar kegiatan ini dapat direplikasi ke RS lainnya.

germas-9  germas-7  germas-6 

germas-13  germas-2  germas-12  

                             germas-16   germas-17