DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

7 Tips Ampuh Bagi Pekerja Millenial Menjaga Kesehatan Mata

7 Tips Ampuh Bagi Pekerja Millenial Menjaga Kesehatan Mata

Rasanya sulit bagi pekerja millenial untuk lepas dari komputer, laptop, atau handphone. Hampir selama 24 jam, mata para pekerja millenial  terpapar radiasi dari layar handphone atau komputer, entah urusan pekerjaan, browsing, chatting, atau nonton streaming.

Memang tak bisa dihindari, pasalnya kita bekerja di dunia yang serba berbasis teknologi. Pekerjaan yang sudah sangat diwarnai oleh kemajuan teknologi bak pedang bermata dua. Di satu sisi memudahkan kamu, tetapi di sisi lain dapat membahayakan kesehatan jika nggak bijak dalam bekerja.

Tentu saja paparan radiasi komputer itu sedikit banyak berdampak pada kesehatan mata. Bahkan bukan nggak mungkin pekerja milenial ini menderita Computer Vision Syndrome (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Bekerja sangat giat memang perlu, tapi percuma jika kamu nggak tahu kapan memberikan waktu untuk tubuhmu beristirahat dengan benar. Memang, uang yang kamu hasilkan bisa lebih banyak, tapi bagaimana dengan investasi kesehatan di hari tua?

Mengingat “mata” sebagai salah satu aset penting di hari tua, bagaimanakah cara yang paling efektif untuk menjaga mata agar selalu sehat meski pekerjaan menuntut kamu untuk berlama-lama menatap layar komputer? Ini caranya.

 

1. Sesuaikan kecerahan layar monitor

Aturlah kecerahan pada layar monitor komputermu sesuai dengan posisi paling nyaman. Usahakan untuk nggak mengatur layar monitor terlalu cerah atau terlalu gelap agar kamu nggak kesulitan untuk melihat layar. Bila perlu, tambahkan screen protector pada layar komputermu agar membuat mata kamu nggak cepat lelah.

2. Atur jarak pandang

Mengatur kecerahan layar monitor nggak terlalu terang atau gelap dapat membuatmu lebih nyaman dalam melihat layar. Kamu nggak perlu memandangi terlalu dekat atau harus susah payah untuk selalu memfokuskan pandangan yang dapat membuat matamu cepat lelah. Ingat, jarak pandang terbaik adalah 50cm-100cm dengan posisi duduk tegap.

3. Selingi dengan melakukan senam mata

Ketika kamu harus menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, selingi dengan melakukan senam pada mata. Kamu bisa memijat kelopak, memutar mata, melirik ke semua arah, dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar ke sesuatu yang lebih natural atau menghangatkan mata dengan telapak pangan, niscaya mata mu akan kembali segar dan siap untuk bekerja kembali.

4. Rajin makan buah dan sayur

Buah dan sayur boleh dikatakan sebagai syarat utama bagi seseorang yang ingin menjalani hidup sehat. Nggak hanya pada sebagian organ tubuh, melainkan semua kebutuhan untuk tubuh yang sehat.

5. Rajin memeriksakan ke fasilitas kesehatan mata

Agar kamu tahu bagaimana kondisi matamu, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) atau konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali kamu memeriksakan kondisi mata, jika suatu saat  kamu mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

 

Nah itulah lima tips buat kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, tetapi ingin tetap menjaga mata agar tetap sehat. Silakan mencoba ya.