DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan 5 Buah-buahan Berikut

Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan 5 Buah-buahan Berikut

Banyak orang masih beranggapan bahwa penyakit kolesterol hanya menyerang mereka yang sudah tua atau memiliki berat badan melebihi batas ideal. Padahal, penyakit ini tidak mengenal usia dan kondisi badan, banyak juga ditemui penderita kolesterol masuk di usia-usia muda dan nggak berbadan gemuk.

 

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sejatinya diproduksi secara alami di hati, namun ada pula yang didapat dari beberapa jenis makanan.

 

Kondisi kolesterol tinggi bisa sangat berbahaya, sebab, penderita akan sangat berisiko untuk terserang beberapa penyakit serius seperti serangan jantung, stroke.

 

Umumnya, untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, seseorang akan memeriksakan tekanan darah secara rutin ke tenaga kesehatan. Begitu pula terapi menurunkan kolesterol tinggi, penderita akan secara rutin dijadwalkan untuk berkonsultasi pada dokter.

 

Kendati demikian, menurunkan kadar kolesterol tinggi bisa juga dilakukan tanpa terapi obat secara rutin atas anjuran dokter. Ada banyak cara yang bisa lakukan untuk menurunkan kolesterol, seperti berolah raga dan menjaga asupan makanan.

 

Salah satu yang paling sering diterapkan oleh penderita kolesterol tinggi adalah dengan mengatur pola makan lewat konsumsi buah-buahan penurun kolesterol.

 

Ya, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami, meski prosesnya berlangsung membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

 

Lantas, jenis buah apa saja yang bisa dikonsumsi rutin untuk menurunkan kolesterol tinggi? berikut rangkumannya.

 

  1. Alpukat

Selama ini banyak beredar anggapan, alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

 

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein).

 

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

 

  1. Tomat

Selain Alpukat, tomat juga termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

 

Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

 

Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

 

  1. Jeruk nipis

Buah yang satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah, kandungan senyawa flavanoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL

 

Dengan kata lain, jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

 

Anda bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya seduhan jeruk nipis diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

 

  1. Semangka

Siapa yang nggak kenal buah segar satu ini, selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol, lho. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

 

  1. Apel

Selain enak, buah apel juga sangat  terkenal menyehatkan. Salah satu khasiat buah apel rupanya juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalamnya memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

 

Selain itu, apel juga berfungsi sebagai sumber serat larut yang juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, serta mencegah arteri mengeras. Dengan kata lain, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).