DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

3 Aspek Penting Berdiet Bagi Pemilik Kesibukan Segudang

3 Aspek Penting Berdiet Bagi Pemilik Kesibukan Segudang

Kesibukan seringkali jadi alasan bagi sebagian orang yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Alhasil, makan tidak teratur, olahraga jarang, fisik lebih lemah, dan tanpa disadari badan melebar karena berat badan bertambah.

Padahal, untuk menjaga tubuh tetap ideal dan sehat tidak sesulit yang dibayangkan. Meski rutinitas harian cukup padat, menyisipkan pola-pola diet agar tetap sehat bisa dilakukan, mulai dari pola dan mengatur jam makanan, waktu istirahat bahkan hingga menyisipkan olahraga.

Mau tahu bagaimana langkah mudah agar kebutuhan untuk tetap sehat lewat diet masih bisa dipenuhi? Simak ulasan berikut ini ya.

Pola Makan

Yang pertama tentu adalah sarapan. Sesibuk apapun aktivitas, jangan pernah melewatkan makan pagi. Pasalnya, sarapan pagi adalah modal pertama untuk mengawali aktivitas harian seseorang. Dengan asupan dan porsi yang sesuai, sarapan akan membantu tubuh dengan memberi cukup energi untuk beraktivitas. Bukan soal berapa banyak porsi yang diperlukan, tapi pastikan sarapan mengandung makanan tingi protein sebagai cadangan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, jangan lupa juga minum segelas air putih agar metabolisme tubuh lebih stabil.

berikutnya adalah mengatur jam makan. Kebanyakan orang, khususnya pekerja cenderung sering menunda jam makan. Hingga akhirnya, muncul masalah pencernaan karena membiarkan perut kosong terlalu lama. Dengan mengatur jam makan akan membantu metabolisme tubuh terjaga, selain itu juga menjaga berat badan lebih stabil.

Usahakan untuk mengurangi atau bila perlu hindari makanan manis. Misalnya pada saat makan siang, alih-alih makan cemilan manis, cobalah untuk ganti makan siang dengan mengkonsumsi buah-buahan yang lebih sehat.

Lebih banyak bergerak

Memang cukup sulit menyediakan waktu khusus untuk berolahraga bagi pekerja. Tapi bukan berarti tidak berolahraga sama sekali. Olahraga tak harus selalu ke track lari, atau ke gym.

Memenuhi kebutuhan olahraga bisa sesederhana memanfaatkan transportasi umum untuk berangkat dan pulang beraktivitas, memilih menggunakan tangga ketimbang lift. Dengan begitu lemak akan lebih banyak dibakar lewat berjalan dan berkeringat.

Pola tidur

Yang terakhir adalah menjaga pola tidur. Kurang tidur dapat mengahambat kerja metabolisme tubuh. Artinya, tubuh tidak akan optimal membakar lemak jahat dalam tubuh jika tidur tidak berkualitas.

Jadi, selain mengatur pola makan, membiasakan diri lebih banyak bergerak, pola tidur juga tidak boleh disepelekan. Perhatikan waktu istirahat, jangan sampai kurang dari delapan jam. Hindari membawa pulang pekerjaan ke rumah, hal ini akan mengganggu waktu istirahat. Selain itu, berlama-lama di depan layar komputer atau handphone juga akan membuat seseorang susah tidur.