DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Usir Infeksi Virus dan Bakteri dengan 7 Makanan Ini

Usir Infeksi Virus dan Bakteri dengan 7 Makanan Ini

Meningkatnya curah hujan saat musim penghujan tengah berlangsung, penyakit karena infeksi virus dan bakteri dapat dengan mudah dan cepat menyebar. Apabila tidak diikuti dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah terserang penyakit flu, tonsilitis, bahkan bronkitis.

Dilansir dari Step to Health, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari penyakit akibat infeksi virus dan bakteri, salah satunya melalui makanan. Nah, Berikut ini 7 rekomendasi makanan yang bisa digunakan untuk mengurang risiko terserang penyakit akibat infuksi virus dan bakteri.

  1. Jahe

Bahan herbal ini dipercayai memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk sistem imun. Sifat antibakteri dan antibiotik pada jahe diyakini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi virus flu dan faringitis.

  1. Yogurt

Tahukah? Yogurt banyak mengandung bakteri baik yang disebut probiotik. nah, kandungan bakteri baik pada yogurt inilah yang memiliki manfaat untuk mengobati infeksi. Manfaat bakteri baik akan otomatis terjadi apabila ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan tersebut memiliki kandungan probiotik setara dengan yogurt. Saat proses fermentasi, akan mulai terbentuk vitamin dan enzim pencernaan pada makanan tersebut yang ketika dimakan, risiko peradangan dapat diminimalkan Selain itu, juga dapat memungkinkan tubuh untuk proses detoksifikasi.

  1. Jeruk Bali

Jeruk Bali merupakan penghasil sumber vitamin C yang baik untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Selain itu, jeruk bali juga dipercaya mampu menetralkan infeksi yang disebabkan oleh ragi, serta memungkinkan pemulihan yang lebih cepat.

  1. Sayuran hijau

Tak hanya segar, sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan selada rupanya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi sayuran hijau dapat mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Akan lebih baik lagi jika mengonsumsinya saat masih dalam keadaan mentah, asalakan tidak lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

  1. Buah Beri

Keluarga buah beri, meski berukuran kecil, buah-buahan tersebut mengandung banyak polifenol, fitokimia, dan flavonoid yang bermanfaat untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, indeks glisemik yang rendah dari biji-bijian juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah.