Pentingnya Peran Posyandu Bagi Buah Hati

posyanduSalah satu program kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah dalam hal ini diwakilkan oleh Kemenkes adalah diadakannya Posyandu rutin yang beraktivitas hingga di ruang lingkup desa yang memberikan pelayanan kesehatan bagi anak-anak dan juga para lansia.

Posyandu atau Pos Layanan Terpadu memiliki peran yang sangat penting untuk pengawasan pertumbuhan dan juga perkembangan buah hati, terutama bagi anak yang masih berusia di bawah 3 tahun.

Periode pertumbuhan anak pada 3 tahun pertamanya adalah periode emas alias yang paling penting terutama untuk pertumbuhan intelektual, mental, fisik, dan juga pertumbuhan dan perkembangan emosional anak. Faktor pendukung pertumbuhan buah hati yang baik adalah asupan gizi yang cukup, menjaga kebersihan, dan juga tak lupa mendapatkan imunisasi. Selain itu pemberian vitamin A juga penting yang ditambah dengan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Posyandu untuk Pemantauan Kesehatan Buah Hati

Selain merupakan masa keemasan dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan balita, periode usia anak 3 tahun juga memiliki risiko yang cukup besar. Risiko-risiko yang menghantui antara lain adalah risiko kekurangan gizi, risiko terkena penyakit, hingga risiko kekurangan kasih sayang.

Risiko ini apabila tidak diatasi dan juga diawasi dengan benar bisa memberikan dampak buruk yang terbawa hingga seumur hidupnya. Salah satu upaya untuk melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak di usia 0 hingga 3 tahun adalah dengan diadakannya Posyandu secara rutin.

Hingga saat ini, keberadaan Posyandu di Indonesia yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan berbasis masyarakat sudah ada sekitar 269.000 yang tersebar di seluruh Indonesia dan berperan dalam pencapaian tujuan Pembangunan Nasional.

Diberikannya buku KIA kepada ibu-ibu merupakan salah satu dari program pemantauan tumbuh kembang balita di Indonesia, di mana buku ini bisa memudahkan orang tua dalam mencatat tumbuh kembang anak dan juga memberikan informasi yang penting diketahui seperti misalnya jadwal imunisasi.

Posyandu Membantu Mewujudkan Target Imunisasi

Imunisasi adalah pelayanan kesehatan yang wajib untuk diberikan kepada anak-anak terutama anak balita. Pemberian imunisasi memiliki tujuan untuk mencegah penyebaran penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh anak-anak dan bisa membahayakan dirinya serta orang lain dengan penyakit yang menular.

Posyandu sebagai pos pelayanan kesehatan masyarakat menjadi fasilitas di mana orang tua bisa mendapatkan imunisasi untuk anaknya dan suksesnya Posyandu sebagai sarana imunisasi ditunjukkan dengan angka pencapaian Universal Child Immunization meningkat setiap tahunnya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Tiga Langkah Mudah Pantau Tumbuh Kembang Buah Hati Anda